Spread the love

Ambil Hikmah dan Pelajaran dari Kegagalan

 

Sobat. Ingatlah  bahwa masalah  sesungguhnya bukan masalah tetapi sikap kita memandang  masalah  itulah masalah  sebenarnya. Jika kita tidak mempermasalahkan masalah, masalah bukan masalah. Sejarah  telah menunjukkan dan membuktikan bahwa mereka-mereka yang sukses dan menjadi pemenang dalam kehidupan biasanya menemui hambatan yang menyakitkan  sebelum  mereka berhasil. Mereka berhasil  sebab mereka tidak berkecil hati karena  kegagalan.

Sobat. Kegagalan  adalah  bukti bahwa ada kekeliruan  yang  perlu kita pelajari darinya. Kegagalan tidak  berarti kita tidak mengerjakan sesuatu, itu artinya kita telah belajar sesuatu. Jangan takut kegagalan. Jangan takut bertindak, kehidupan adalah percobaan dan ladang perjuangan untuk meraih impian dan cita-cita besar Anda. Semakin banyak  belajar dari  kegagalan  semakin  bernilai diri kita. Miliki hasrat  paling kuat  untuk mencapai tujuan, karena dengan demikian  kita mampu mengibaskan rasa sakit  selama proses pencapaian.

Sobat. Apa saja yang menjadi penyebab kegagalan itu?

  1. Kurang pengetahuan akan bidang yang digeluti. Maka kalau kita ingin menjadi sukses dan bahagia jangan pernah berhenti dan bosan untuk terus belajar serta meningkatkan kompetensi diri kita.
  2. Tujuan yang tidak jelas. Apalagi tidak memiliki tujuan hidup yang jelas maka kita sudah mencatatkan diri sebagai orang yang gagal dalam hidup ini. Maka kalau kita ingin menjadi pemenang dalam kehidupan ini milikilah tujuan hidup yang jelas dan pahami hakekat hidup dengan menjawab tiga pertanyaan besar darimana kita berasal?  Untuk apa kita hidup? Dan Di Mana kita akan kembali setelah hidup di dunia ini?
  3. Tidak punya rencana. Gagal merencanakan berarti merencanakan diri untuk gagal. Rencanakan dan buat goal hidup anda  secara jelas dan nyata. Dengan kriteria JOSSS : Jelas Pencapaiannya ; sebut tanggal, bulan dan tahun berapa Anda ingin mencapainya. Orientasi kemanfaatan dalam menetapkan goal atau impian Anda. Selalu visualisasikan goal Anda. Selalu woro-worokan impian Anda agar Anda malu kalau Anda tidak sungguh-sungguh memperjuangkannya. Dapatkan  Support orang-orang terdekat dan tercinta dalam kehidupan kita.
  4. Sikap yang mudah menyerah. Mudah loyo dan tidak gigih. Kegigihan adalah salah satu rahasia kunci kesuksesan. Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang bisa menggantikan kegigihan. Bakat pun tidak . Orang-orang genius pun tidak. Hanya kegigihan dan keteguhan hati  yang  membuat seseorang
  5. Tidak berani memulai sesuatu yang baru. Kalau kita tidak berani mencoba maka pasti kita tidak pernah berhasil. Jalan menuju keberhasilan tidak ditapaki hanya dalam tujuh langkah Namun langkah demi langkah, sedikit demi sedikit dan jengkal demi jengkal. Itulah jalan menuju kekayaan, jalan menuju kebijaksanaan dan jalan menuju kejayaan.
  6. Sikap negatif dalam memandang sesuatu. Kita meyakini bahwa  kegagalan seseorang bukan  karena nasib  tetapi lebih  disebabkan pengkondisian pikiran. Pikiran membentuk tindakan, dan tindakan berbuah hasil, sehingga hasil menjadi kenyataan. Kita  sebetulnya  bukanlah  orang gagal, tetapi pengkondisian  pikiran  telah menyebabkan kita dihukum dan dikungkung oleh energy  negative  sehingga kita menjadi gagal.
  7. Konservatif dan miskin informasi membuat kita tidak sukses. Teruslah belajar dan berusaha mendapatkan informasi yang bergizi dan bermanfaat guna meraih impian besar kita
  8. Tidak memiliki etos kerja yang baik. Membuat kita gagal menyelesaikan pekerjaan kalo toh bisa melakukan hasilnya pun tidak memuaskan. Karakter yang  kuat dan teruji tidak bisa dibentuk apabila hidup  dengan santai. Hanya melalui pengalaman dan penderitaanlah serta etos kerja yang tinggi, jiwa dapat diperkuat, pandangan diperjelas, dan ambisi  untuk  memperoleh  ilham sukses bisa
  9. Tidak disiplin diri dan tidak focus membuat impian dan goal Anda tidak tercapai. Jembatan  yang menghubungkan  antara harapan dan kenyataan dalam kehidupan kita adalah disiplin diri, focus dan hasrat yang menyala-nyala.
  10. Takut akan resiko. Takut gagal membuat kita tidak berani memulai dan mencoba dan itulah yang menyebabkan kita tidak nyampek kemana-mana dalam kehidupan ini. Sadarilah bahwa Iman kepada Allah Sang Pencipta Alam semesta raya adalah obat utama dan mujarab dalam mengatasi  segala bentuk ketakutan. Tetaplah berpikir positif dan Percayalah pada kekuatan Ilahi dan yakinilah bahwa kita dibimbingnya dalam setiap langkah. Iman yang kuat mampu menyelamatkan  seseorang dari kegalauan dan ketakutan.
  11. Terlalu pintar tetapi tidak berani bertindak. Ilmu itu baru menjadi kekuatan dan menghasilkan kalo diterapkan atau dijalankan.

Ingatlah sobat! Orang-orang sukses selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan dan kesalahan masa lalu dan mencoba melakukan lagi dengan cara yang berbeda. Barangsiapa  memiliki  cita-cita yang besar dan menggelora, jiwa yang bersih, hasrat yang membara, dan sabar dalam  setiap  perkara, maka  dia akan menjadi manusia  hebat yang akan menjadi pencerah dan bercahaya bagi  orang lain.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( DR Nasrul Syarif M.Si   Penulis Buku Gizi Spiritual. CEO Educoach. Dosen pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *