Spread the love

Waspadalah terhadap pemersulit Kesuksesan

Sobat. Dua hari yang lalu penulis diminta oleh ITS memberikan materi character building di hadapan para Tenaga Pendidikan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas  di hotel el kartika  Kota Batu Jawa Timur.Poin-poin apa saja yang saya sampaikan pada agenda di atas saya paparkan dalam artikel ini.

Sobat. Mintalah kepada Allah, melalui doa dengan meminta kekuatan yang besar, bukan kesulitan kecil. Dengan kekuatan yang besar setiap masalah dan kesulitan hidup akan menjadi kecil bagi Anda . Dan ambillah masalah  yang besar untuk Anda selesaikan karenanya Anda sedang dibesarkan Allah menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh,

Sobat. Ada beberapa  karakter yang menghambat sukses , saya lebih suka menyebut tabiat karena kebiasaan yang buruk itu bukan karakter namun tabiat, apa saja tabiat yang akan menjadi pemersulit kesuksesan :

  1. Malas dan banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang membuat perubahan hidup ke arah yang lebih baik. Tidak ada kemudahan bagi orang yang malas, segalanya jadi menjadi sulit dan berat untuk dilakukan.
  2. Suka menunda-nunda pekerjaan. Padahal semakin menunda-nunda akan membuat pekerjaan yang belum selesai akan tertumpuk dengan pekerjaan yang baru. Bahkan akhirnya tidak terselesaikan.
  3. Setengah-setengah dalam melakukan sesuatu. Bekerja dengan setengah hati akan menghambat aliran energy  sampai separuhnya. Bekerja setengah-setengah justru akan memakan waktu 2 kali lebih lama, tenaga 2 kali lebih besar, dan  biaya 2 kali lebih membengkak.
  4. Ada lima gembok mental yang selalu dipakai dalam kehidupannya dan ini seharusnya dihancurkan dalam dirinya ; Berpikir negative, pakai alasan usia, pakai dalih kesehatan, pakai dalih latar belakang pendidikan dan yang ini kelihatan rohani namun justru roh halus yakni pakai alasan nasib.
  5. Tidak konsisten. Tidak ada yang bisa diselesaikan, proyek sekecil apa pun di tangan orang yang tidak konsisten.
  6. Tidak mau meningkatkan kompetensi diri sehingga pasti keterampilan umum yang dimiliki adalah level rendah. Tanpa adanya skill tingkat tinggi, kesuksesaan  membutuhkan  waktu yang lama, tenaga atau pikiran  yang besar untuk mencapainya, selain itu, yang membuat kecewa adalah hasilnya tidak berkualitas.
  7. Tidak punya keunikan. Padahal memiliki keunikan sebuah keunikan  adalah  sebuah nilai tambah. Keunikan dalam keterampilan  akan menjadikan Anda memiliki pembeda dibandingkan orang lain.

Sobat. Maka kalau kita ingin menjadi magnet rezeki dalam kehidupan kita dan mempermudah dalam meraih kesuksesan hidup. Ada segi tiga yang harus kita bangun dan biasakan hingga menjadi karakter yang unggul guna meraih impian besar Anda :

  1. Membangun nama baik atau kredibilitas Anda. Orang yang memiliki kredibilitas dan nama baik pasti dicari banyak orang, bahkan banyak bisnis dipercayakan kepada Anda karena Anda yang terpercaya atau kredibel. Trust bisa dibangun dengan prestasi diri, perusahaan di mana Anda begabung di dalamnya.
  2. Terus meningkatkan valensi diri atau kompetensi diri dengan cara meningkatkan pengetahuan, meningkatkan bidang keahlian spesifik, dan teruslah membangun dan miliki karakter yang baik. Dengan itu anda akan menjadi magnet rezeki dalam kehidupan Anda.
  3. Memiliki networking atau jaringan yang luas. Semakin banyak networking yang anda miliki semakin banyak pula peluang meraih kesuksesan dalam hidup Anda.

Sobat. Teruslah  menebar energy positif dalam kehidupan ini maka Allah akan memberikan keajaiban-keajaiban dalam kehidupan kita. Buatlah tanda di alam semesta  dengan membuat prestasi atau karya yang membuat Allah layak mencintai dan menolong kita, kedua rang tua kita bangga punya anak seperti kita, dan bermanfaat bagi sesama manusia dan alam.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( DR. Nasrul Syarif M.Si. Penulis Buku Gizi Spiritual. CEO Educoach. Dosen pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )

 


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *