Spread the love

Digitalisasi Pendidikan  Bersama Komnas Pendidikan  Jawa Timur  SIMAK.ID  dan  ASA

Komnas Pendidikan Jawa Timur  berkomitmen membantu pemerintah dalam digitalisasi pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan dengan  biaya yang terjangkau dan memenuhi harapan masyarakat. Bersama dengan educoach menawarkan aplikasi  Simak.id  dan ASA.

Apa itu Simak.id? Simak.id  adalah Aplikasi Kolaborasi Online yang mempermudah sistem manajemen akademik dan komunikasi terhadap orang tua. Kelebihan Simak.id  adalah  memiliki fitur yang lengkap memudahkan manajemen  sekolah berbasis digital.

Kepala Sekolah

User Kepala Sekolah memiliki dashboard berisi seluruh informasi sekolah dengan lengkap mulai dari data statistik siswa, guru, sampai informasi infrastruktur yang terdapat pada sekolah.

Tahun Pelajaran

Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat langsung mengaktifkan tahun pejalaran yang sedang berjalan pada sistem Simak.id dan semua data Pendidikan akan terekam pada sistem.

Profile  sekolah, Data PTK, Siswa dan Kehadiran Siswa, Waka Sarana prasarana ;Jenis prasarana dan manajemen ruangan di sekolah. Waka Kesiswaan ; Ekstrakulikuler, Prestasi dan Pelanggaran Siswa, pengaturan poin siswa. Waka Kurikulum ;  Kalender Pendidikan, rombongan belajar,analisa minggu efektif,mata pelajaran muatan lokal, kordinator mata pelajaran. Pendidik/Guru ; Program Tahunan (Prota) ,Program Semester (Promes),Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , Input Nilai/Label. Wali Kelas ; Catatan Wali Kelas, Cetak Rapor.MGMP ; Pemetaan KD atau Tema/Subtema, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).  Murid/Wali Murid ; Profil Diri Siswa , Kalender Pendidikan, Jadwal Pelajaran, Kehadiran (harian & tatap Muka),Ekstrakurikuler, Prestasi dan Pelanggaran, Pembayaran (Khusus Orang Tua)

 Apa itu ASA ?  Coaching Center For School and Educational Institution

ASA –Automatic Skills Analysis merupakan tools psikometri digital yang diciptakan untuk membantu para praktisi PengembanganSDM yang berpengalaman lebih dari 20 tahun        dalam menemukan potensi terbaik dari peserta  binaannya.

ASA  memiliki modul  yang dapat disesuaikan  dengan  kebutuhan masing-masing lembaga, sesuai dengan kebutuhan pengembangannya masing-masing, mencocokkan antara tes inventori, tes  psikologi dan preferensi kesesuaian peranan yang saat ini dijalankan.

ASA dirancang sesuai dengan standar kebutuhan industry dan didukung oleh berbagai industry untuk menjadi acuan dalam proses rekrutmen tenaga kerja yang sesuai dengan aspek softskills dan hardskills yang dibutuhkan dunia kerja.

ASA menggunakan modul yang disukai dan dibutuhkan oleh dunia industri dengan akurasi perhitungan yang tepat, yang menunjukkan:

Sobat. Orang-orang  hebat pasti  memiliki  seorang coach, merekalah  yang melejitkan  potensi dan karirnya, meski  seorang coach tidak mendapatkan  perhatian  dari public, karena memang itulah tugasnya.

Di balik kehebatan  petinju Mike Tyson  ada seorang coach yang hebat yang bernama Constantino D’amato. Di balik kehebatan Tiger Woods ada seorang ayah sekaligus coach bagi dia adalah Earl Woods. Yip Man master seni bela diri aliran Wing Chun dan beliau lah coach dari Bruce Lee.

Sobat. Penulis  menggunakan definisi Coaching dari International Coach Federation. Coaching  sebagai  bentuk kemitraan   bersama klien  untuk  memaksimalkan  potensi pribadi  dan professional  yang dimilikinya melalui proses  yang menstimulasi  dan  mengeksplorasi pemikiran   dan proses kreatif.

Sobat. Maka Proses coaching ada  tiga hal yang harus ditekankan di dalamnya :

  1. Berdasarkan  prinsip kemitraan  dan kesetaraan , maka coach berfokus  pada tujuan dan mendukung  klien agar dapat  mencapai hasil  yang lebih baik dibandingkan klien melakukan  proses  eksplorasi sendiri.
  2. Memberdayakan pikiran cenderung dalam bentuk dialog, diskusi, atau  Tanya jawab antara  seorang coach dengan klien yang memancing dan merangsang  proses  berpikir mendalam  di diri klien tersebut. Dari Proses  memberdayakan  pikiran tersebut akan mampu menggali dan menginspirasi klien  menemukan jawaban-jawaban sendiri yang mungkin mereka  tidak sadari  sebelumnya.
  3. Peran seorang coach selanjutnya adalah mampu mengoptimalkan potensi  pribadi atau professional  mereka dengan powerfull.

Sobat. Proses coaching  sangat  dihargai dalam hal : Keberanian  untuk  mengatakan  yang sesungguhnya. Mengungkapkan  segala sesuatunya  dengan ketulusan hati. Menghargai  kehidupan setiap orang dalam jalannya.Kesetiaan atau  konsiten dalam kehidupan. Menghargai  untuk tidak  memiliki prasangka.

Sobat. Coaching  membangun kepercayaan  dengan  : Dengan mendukung  dan bukannya mengendalikan, mendorong gagasan  daripada  membagikannya, menghasilkan tanggung jawab  bukan mengambilnya, memproses keputusan  bukan kita yang membuat  keputusan, percaya pada orang tersebut bukan mengkhawatirkan pendapatnya, memenuhi janji  dan menghormati kerahasiaanya.

“ Saya  tidak bisa  mengubah  arah angin, namun saya bisa  menyesuaikan  pelayaran saya  untuk selalu menggapai tujuan saya .” Jimmy Dean

Jadilah Guru yang ASIK !

Sobat. Profesi seorang guru adalah profesi yang mulia dan memiliki kesempatan lebih banyak menebarkan energy positif bagi orang lain. Siapa saja yang menebar dan menanam kebaikan maka pasti Tuhan akan mencairkan pula kebaikan pada diri mereka.

Sobat. Berikut ini agar kita bisa menjadi guru yang ASIK bagi para murid kita dan membuat mereka semangat belajar dan menggali ilmu. Bagi Guru Ilmunya semakin berkah dan enjoy menjalani profesinya. Apa itu ASIK? A –nya adalah Antusiasme. S-nya adalah Strategi, I- nya adalah Inisiatif dan K-nya Kolaborasi.

  1. Antusiasme . Miliki semangat dan hasrat yang menyala-nyala dalam berbagi Ilmu dan kebaikan. Tidak ada sesuatu pun yang mustahil bagi orang yang mendukung hasrat dengan keyakinan yang kuat. Kalau Anda mengajar dan berbagi dengan penuh antusias maka murid anda akan memiliki antusias pula dalam belajar. Semua prestasi, apa pun sifatnya atau tujuannya, pasti berawal dari sebuah hasrat yang membara dan keyakinan yang kuat. Maka milikilah hasrat yang membara dan Keyakinan yang kuat serta tanamkanlah keduanya kepada para siswa Anda dengan penuh kesungguhan serta keihlasan maka mereka akan menjadi orang-orang hebat. Tiada kebahagiaan yang paling menyejukkan bagi seorang guru adalah bisa menghantarkan para siswanya menjadi orang-orang yang hebat dan bermanfaat bagi sesama.

  1. Strategi. Milikilah strategi yang jitu dan efektif dalam mengembangkan metode pembelajaran, mengenali potensi dan talenta siswa, jadilah coach bagi mereka. Apa itu coaching? Definisi International Coach Federation ,” Hubungan kemitraan dengan individu melalui proses kreatif yang ditujukan guna memaksimalkan potensi personal dan professional seseorang.

  1. Inisiatif. Menurut Youth Employment, kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal atau resourceful. Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya.Ketika menunjukkan inisiatif di dalam dunia kerja, kamu akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain. Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri atau self management. Kemampuan ini sendiri dapat dikembangkan secara sendiri secara perlahan-lahan. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerjamu akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkunganmu akan menyukai sosok kepribadianmu.

  1. Kolaborasi. Dilansir dari The Balance Careers, kemampuan kolaborasi adalah kemampuan yang dapat membuatmu dapat bekerja sama dengan orang lain. Dengan kemampuan ini, kamu dapat mewujudkan tujuan bersama dengan orang lain, entah rekan kerja ataupun rekan bisnismu.Menjaga komunikasi, menjadi pendengar yang aktif, saling menghormati satu sama lain, saling empati, merupakan sebagian dari jenis-jenis kemampuan ini. Secara umum, dalam dunia kerja, kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh karyawan. Apalagi bagi seorang guru atau pendidik.

Sobat. Insya Allah dengan memiliki dan menguasai 4 hal di atas akan membuat guru menjadi guru yang asik dan menyenangkan bagi para siswanya.

Salam Dahsyat  dan Luar biasa ! www.educoach.id

Maka segera bergabung dan  bermitra dengan Educoach  hubungi customer service  kami : wa.me/6281234417574


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *