Spread the love

Road Beberapa Kota di Jatim Impelementasi Simak.id  dan ASA bersama Komnasdik  Jatim.

“Founder  ASA Kang Eki  bersama Komnasdik Jatim akan melakukan  road ke beberapa kota di jatim untuk Implementasi Simak.id dan pembentukkan Coaching Center. Mulai Tanggal 27-28 September 2021  berada di Kota Lamongan, kemudian 29-30 September 2021 Kota Tulung Agung di SMKN 3 Tulung Agung dan Pondok Pesantren Al-Azhar, 1-2 Oktober 2021 di Pondok Modern Bilingual Junwangi Sidoarjo, Kemudian 2-3 Oktober 2021 dilanjutkan ke Kota Pasuruan selanjutnya kota Malang.”  Jelas Kunjung Wahyudi Ketua Komnas Pendidikan Jatim.

CEO  Educoach Dr Nasrul Syarif M.Si  mengatakan  bahwa gelombang  disrupsi tekonologi  rupanya  tidak hanya merombak tatanan ekonomi  dan bisnis  abad ke-21 ini. Geliat revolusi industry 4.0  ternyata juga merasuk  hingga ke ruang-ruang pendidikan, keluarga, mengubah pola hubungan anak, orang tua dan guru.Di sinilah  pentingnya coaching center di sekolah. Di mana anak-anak  perlu diajarkan  cara  berpikir, karakter, dan cara hidup  yang benar, serta terlatih untuk mengarungi perjalanan panjang dalam hidupnya kelak.

“Ada tiga  guru  bagi anak, yakni  guru di sekolah, orang tua  di rumah, dan lingkungan. Kelas tak hanya  menjadi arena  membangun kemampuan akademik, tetapi juga membekali ilmu kehidupan. Sebab, untuk mengarungi kehidupan yang menantang ini, pandai saja memang tidak cukup, anak harus kita bekali dengan soft skill, life skill  atau ilmu kehidupan.” Lanjut Dr Nasrul.

Kang Eki Founder ASA  menyatakan hasil riset dan kajian mereka bahwa factor kandidat  ditolak  dalam  proses  penerimaan  kerja :

25 %  Faktor Etika

24 %  Faktor  Komunikasi

19%  Tidak Menguasai  teknis

14%  Tidak  sesuai  dengan pekerjaan yang dilamar.

10% Tidak  Mengerti Organisasi

8 %  Hal lainnya

Oleh karena  itu meningkatkan kompetensi adalah  sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan. Kompetensi   adalah  Kemampuan  kerja  setiap individu  yang mencakup  aspek  pengetahuan, keterampilan, dan  sikap  kerja  yang sesuai  dengan  standar yang ditetapkan ( Skills , Knowledge, Attitude )

“ Di sinilah  pentingnya ASA dan Coaching Center karena memiliki beberapa  modul dan konsen akan peningkatan SDM diantaranya : Modul  Personality, Modul Type Leadership, Modul Preferensi Kekuatan Asik,Modul Preferensi Peranan ROLE, Modul Preferensi Karir. Modul teknis yang dapat disesuaikan  dengan  kompetensi yang ingin diukur, Modul Essay  dengan pertanyaan-pertanyaan khusus  untuk  mengukur  logika dan pemahaman seseorang. “ Lanjut Kang Eki.

Kegagalan  pelatihan  tenaga pendidik  dan  kependidikan ( Soft skill ) dikebanyakan  sekolah, dikarenakan pengembangan  kepemimpinan  dan  rencana  suksesi bersifat  tidak konsisten, tidak menentu, tanpa disiplin  dan keteraturan.

“Maka Teknik coaching  sangat  mendukung  untuk  setiap  pemimpin yang menggunakan kepemimpinan  yang melayani  dan  menolong  guru  untuk  memberdayakan  dan  mengoptimalkan  peserta didik, sehingga  terjadi  kolaborasi antara pendidik  dengan peserta didik, kolaborasi  antara pimpinan dan guru  serta terjadi  relasi  yang baik  antara  pihak sekolah  dengan orang tua siswa.”  Sambung  Dr Nasrul Syarif M.Si CEO Educoach

“ Ingatlah Fokus Pendidikan bukan pada  kurikulum  tetapi manusianya “

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

#SerentakBergerakMewujudakanIndonesiaCerdas

#Educoach.id


Spread the love

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *