Spread the love

Buat Powerfull Hidup Anda dengan Positive Feeling

Sobat.Ketika menghadapi masalah, seorang manusia ternyata tidak membutuhkan solusi. Karena setiap masalah sebenarnya sudah ada solusinya, sudah ada di sana bro, satu paket  dengan masalah yang terjadi. Ingatlah  Allah sudah menjanjikan dalam Al-Qur’an, “Fainna ma’al Usri Yusro, Inna ma’al Usri Yusro – Sesungguhnya bersama kesulitan  ada  kemudahan. Bersama Kesulitan ada kemudahan.” ( QS. Al-Insyirah :5-6 )

Sobat. Apa pun masalahnya yang kita hadapi, maka Al-Qur’an adalah Solusinya. Bukankah Al-Qur’an  adalah Asy-syifa’ atau penyembuh. Dalam hal ini bukan penyembuh fisik tapi penyembuh jiwa dari kegalauan hati. Saat Anda galau , buka Al-Qur’an  secara random tentu setelah wudhu dan sholat sunnah 2 rokaat. Bacalah pelan-pelan sepenuh jiwa dan yakinlah Allah akan jawab persoalan anda melalui kitab suci-Nya. Buka terjemahan dan Tafsirnya Maka Anda  akan dapat jawaban solusi yang begitu cemerlang.

Sobat. Positive Feeling  berkaitan erat  dengan ketenangan hati. Dengan ketenangan hati ini, solusi yang  sebenarnya  sudah ada, akan jadi  lebih jernih terlihat. Ingatlah sobat bahwa Solusi sudah ada, tinggal hati kita yang jernih dalam melihat.

Ibadah  kepada Allah adalah sarana positive feeling. Berikut ini beberapa prinsip  positive feeling  yang membuat hidup kita powerfull :

  1. Kekayaan bukanlah harta  secara fisik  yang kita miliki, tapi kekayaan  terbesar adalah ketenangan hati yang perlu diperjuangkan  secara maksimal. Ketenangan adalah penambah bagi keimanan. Keyakinan bahwa Allah membersamai kita, dan Dia akan memberi petunjuk dan menolong hamba-Nya. Sedang kegelisahan adalah  penjaga diri dari bangga hati. Kegelisahan  yang setia pada keikhlasan  adalah kegelisahan yang melahirkan langkah-langkah besar untuk berbuat lebih baik dan lebih baik lagi serta terus semakin baik dan semakin sempurna.
  1. Keyakinan bahwa  Allah membersamai kita , dan Ia selalu mengawasi  setiap gerak dan gerik. Agar kita tidak gegabah dalam melangkah . Agar kita tidak merasa cukup dengan amal shalih  yang sudah-sudah.
  1. Semua hidup  sudah sempurna, tidak ada cacat  dalam kehidupan kita, kejadian tidak mengenakkan  yang  menimpa kita hanya  untuk menjadi inspirasi  untuk  bangkit  dan
  2. Musibah adalah anugerah, dia  seperti bungkus permen. Saat kita menerima musibah itu dengan bahagia di kesempatan pertaman, maka Allah  akan berikan rezeki  yang besar di baliknya.
  1. Apa pun fakta dalam kehidupan kita, semuanya  tidaklah penting, yang paling penting adalah hati kita yang tenang. Setenang  berada di taman yang amat Indah. Sejernih pandangan  tanpa “jendela buram”  tanpa  mendramatisir masalah.
  1. Ketika musibah  begitu  berat, maka bukan  berarti  solusi  tidak ada, kita hanya  butuh “Sahabat”  dan pandangan  yang  jernih  atas musibah  tersebut, agar kita mampu mensyukurinya dengan baik.
  1. Untuk menghadapi musibah  yang sangat berat, kita tidak bisa  sendiri  menghadapinya, kita butuh sarana  untuk melakukan positive feeling, yaitu ibadah-ibadah kita.  Al-Qur’an  sebagai sumber  energy positif  bekerja  seperti “garpu tala”. Demikian juga hal-hal yang fardhu, lengkapi dengan amalan-amalan sunnah seperti (Sholat Dhuha dan Sholat tahajud, Sholat Hajat), perbanyak sedekah, dan majelis ilmu. Semua adalah sarana yang berguna  untuk membuat kita tetap berada pada ketenangan hati  dan  energy

Sobat. Saya yakin , jika kita berpegang teguh pada syariat, Allah SWT pasti akan memberkahi kita dalam perkawinan , pekerjaan, rezeki, kesehatan, juga anak-anak kita, dan membukakan untuk kita jalan keselamatan.

إِنَّ هَٰذَا ٱلۡقُرۡءَانَ يَهۡدِي لِلَّتِي هِيَ أَقۡوَمُ وَيُبَشِّرُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ٱلَّذِينَ يَعۡمَلُونَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ أَجۡرٗا كَبِيرٗا  (٩)

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,” ( QS. Al-Isra’ (17) : 9 )

قَالَ ٱهۡبِطَا مِنۡهَا جَمِيعَۢاۖ بَعۡضُكُمۡ لِبَعۡضٍ عَدُوّٞۖ فَإِمَّا يَأۡتِيَنَّكُم مِّنِّي هُدٗى فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشۡقَىٰ  (١٢٣)

“Allah berfirman: “Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” ( QS Tha Ha (20) : 123 )

Sebagai  penutup  dalam  artikel ini. Sekarang  ambil nafas dalam-dalam  letakkan tangan anda di dada kanan, pejamkan mata anda. Tarik nafas dalam-dalam dan tahan sesaat kemudian lepaskan dengan bersamaan mengucapkan Alhamdulillah Ya Allah sebut satu persatu nikmat  yang Allah berikan kepada Anda dengan rasa syukur yang mendalam.

Sobat. Saat kita  sudah mampu positive feeling, maka perasaan  nyaman akan membimbing  pikiran  kita  untuk bisa berpikir  jernih  dan mudah  memancarkan  energy positif  ke sekeliling. Nasib yang bagus  akan tercipta, dan dalam sekejap kita menjadi magnet rezeki. Dan Keajaiban  akan menghampiri  kita. Maha Suci  Allah  dengan segala firmannya.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( DR.Nasrul Syarif , M.Si  Penulis Buku Gizi Spiritual. CEO Educoach dan  Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.