Spread the love

Kenali  Potensi Dahsyat Manusia

Sobat. Beberapa waktu yang lalu saya membersamai dan memberikan materi outbound kepada para santri kami di PP Al-Amri Leces Probolinggo kegiatan itu dilaksanakan di Gunung Gambir Kab. Jember. Maka artikel saya kali ini akan menjelaskan mengenai materi yang saya sampaikan kepada para santri Al-Amri, sehingga para pembaca juga bisa menikmati , mengambil hikmah dan pelajaran.

Sobat. “ Temukan dan kenali potensi dirimu, kemudian ketahui dengan jelas apa tujuan hidupmu, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari cara untuk bergerak mencapai tujuan.”  Kalimat pembuka dari penulis.  Caranya dengan berkumpul  bersama orang-orang yang memiliki vibrasi  visi dan tujuan yang sama. Dengan begitu kamu akan semakin kuat untuk mencapai tujuan hidup.

Sobat. Memilih  teman dan memilih komunitas adalah memilih masa depan. Maka bertemanlah  dengan teman yang memiliki semangat dan visi yang kuat dan sama dengan Anda. Kalau kamu berkumpul dengan orang yang punya visi besar yang sama dan valensi di atas kita, kamu akan semakin kuat  bertahan menuju tujuan besar hidup Anda.

Sobat. Orang yang punya vibrasi positif kebaikan akan  memberikan  dampak  positif  pada orang lain  di sekitarnya. Sedangkan orang  dengan vibrasi negative keburukan  akan meracuni orang-orang di sekitarnya.  Jangan sampai kamu  salah  memilih  vibrasi  karena vibrasi yang buruk akan bisa membuatmu ada dalam masalah  besar.

Sobat. Seseorang  tidak  akan  mencapai kesuksesan  jika dia  terlalu banyak mendapatkan “sampah” dari orang lain. Sampah yang saya maksud  adalah sampah pikiran yang tidak  memberikan manfaat  untuk pengembangan diri. Sampah yang lainnya juga bisa datang dari informasi yang kamu konsumsi.

Sobat. Di awal sudah saya sampaikan bahwa pentingnya mengenali potensi dahsyat manusia sehingga kita bisa mensykurinya dengan memberikan prestasi yang terbaik kepada Allah dan Rasul-Nya serta membuat kedua orang tuamu bangga punya anak seperti kamu serta bermanfaat bagi sesama.

Sobat. Apa saja  potensi dahsyat manusia yang merupakan Anugerah Allah SWT yang luar biasa bagi kita?

  1. Kekuatan Akal. Akal manusia berkaitan dengan fikiran, intuisi,wawasan dan kearifan. Keadaan Anda saat ini adalah hasil berfikir Anda di masa lalu. Akal anda adalah pimpinan anda. Prestasi Anda adalah hasil ciptaan akal anda.Kekuatan akal ini memunculkan the power of mind, the power of dream, the power of learn, the power of focus.
  1. Kekuatan Fisik/Fungsi Tubuh. Kita dinugrahi oleh Allah fungsi tubuh yang luar biasa dan itu yang membuat kita bisa melakukan tindakan-tindakan untuk menghasilkan karya dan membangun peradaban.
  1. Kekuatan Spiritual. Menumbuhkan keyakinan bahwa kita adalah karya yang hebat dan luar biasa dari Allah SWT sehingga layak memberikan prestasi terbaik kepada-Nya. Kekuatan spiritual ini akan memunculkan the power of believe yang harus dibangun kesadaran akan hubungan kita dengan Allah SWT sebagai Rabb seluruh alam yakni kesadaran penciptaan, kesadaran pengaturan dan kesadaran pertanggungjawaban. Manusia, Alam semesta dan kehidupan ini adalah ciptaan Allah. “ Tuhan ada di dalam diri kita” Kita diberi kuasa untuk melanjutkan ciptaannya.
  1. Kekuatan Emosi. Kekuatan ini memunculkan kekuatan cinta, kekuatan memaafkan dan rasa iba. Kalau kita berhasil dan mengelola emosi kita dengan baik maka kita akan menjadi orang yang asyik dan luar biasa dalam kehidupan ini.
  1. Kekuatan Adversity/ Daya juang. Tidak ada kesuksesan tanpa memiliki daya juang yang luar biasa. Kekuatan adversity ini berkaitan dengan ego dan harga diri. Kekuatan ini memunculkan the power of survival dan the power of self discipline.

Sobat. Sebenarnya Allah sangat sayang kepada kita ternyata Allah sudah memberikan potensi dahsyat kepada kita untuk mengarungi kehidupan ini sebagai modal dasar yang diberikan gratis kepada manusia. Tugas kita  adalah menggunakan potensi dahsyat itu sebagai wujud syukur kita kepada-Nya dengan menaati aturan Allah dan Rasul-Nya  dan memberikan prestasi yang terbaik yang membuat Allah dan Rasul-Nya  layak mencintai dan menolong kita.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

( DR Nasrul Syarif M.Si  Penulis Buku Gizi Spiritual. Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. CEO Educoach dan Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur )


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.