Spread the love

Temukan Motivasi Dirimu !

 

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan  memberikan materi character building dihadapan para ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kab. Nganjuk di Klub Bunga Hotel Batu dan para pengusaha atau reseller BP di Hotel Singghasana Gunung sari Surabaya. Saya berbicara mengenai motivasi dan pentingnya tujuan serta goal yang jelas. Artikel kali ini sebagian besar yang saya sampaikan dalam acara di atas.

 

Sobat. Motivasi laksana api dari dalam. Jadi Anda yang bertanggung jawab penuh untuk menyalakannya. Apabila Anda berharap orang lain yang menyalakan untuk Anda, kemungkinan apinya hanya menyala sebentar.

 

Sobat. Ingatlah bahwa motivasi tidaklah selalu bertahan selamanya. Bagaimanapun juga kita harus memperbaharuinya setiap hari. Mengikuti seminar motivasi bukanlah hal yang buruk, namun kita harus menyadari bahwa pembicara motivasi tidaklah selalu mendampingi dan menyemangati Anda. Jika Anda ingin tetap termotivasi setiap saat maka kita yang bertanggung jawab untuk menciptakan motivasi itu. Filsuf Yunani, Socrates berkata, “Untuk menggerakan dunia kita harus lebih dahulu menggerakan diri kita sendiri.” Marilah kita melihat apa yang bisa dilakukan suatu kekuatan motivasi:

  1. Motivasi adalah langkah pertama ke arah pencapaian.

Sobat. Motivasi adalah kunci yang membuka pintu untuk menuju pencapaian Anda. Motivasi adalah apa yang membuat Anda mulai melangkah, sedangkan komitmen adalah apa yang membuat Anda terus melangkah. Sekelompok team sales yang dimotivasi biasanya pencapaiannya lebih tinggi dibanding para sales yang hanya dibiarkan jalan sendiri. Seorang pelajar yang memiliki motivasi belajar tentu lebih baik dibanding tidak memiliki motivasi. Begitu juga menjalankan bisnis dengan penuh motivasi yang tinggi tentu lebih baik dibanding hanya dengan motivasi yang rendah.

  1. Motivasi meningkatkan kemauan

Sobat. Orang biasanya gagal bukan karena kurang kemampuan atau kurang pengetahuan, melainkan biasanya karena kurang kemauan. Dengan adanya motivasi dalam diri seseorang maka kemauan seseorang dapat ditingkatkan. Orang-orang yang cukup termotivasi biasanya akan menemukan kekuatan kemauan muncul dalam diri mereka. Kemauan yang kuat ini akan menjadi dorongan yang kuat dalam berbisnis.

  1. Motivasi memberikan tenaga ekstra.

Sobat. Kita sering menyebut orang lain bertenaga tinggi atau bertenaga rendah berdasarkan seberapa banyaknya hal yang mereka lakukan. Menurut saya mungkin lebih tepat jika kita menyebutkan mereka mempunyai motivasi tinggi atau motivasi rendah. Jika Anda mempunyai motivasi, Anda pasti mempunyai tenaga ekstra. Motivasi memberi Anda kekuatan untuk melakukan banyak hal. Motivasi adalah alasan mengapa selalu ada hal-hal yang saya ingin kerjakan, orang-orang yang saya ingin temui, dan sasaran-sasaran yang ingin saya capai.

4. Motivasi adalah dasar untuk keunggulan

Sobat. Motivasi bisa mengubahkan seseorang dari keadaan biasa-biasa menjadi unggul. Pemimpin hak asasi manusia, Marthin Luther King Jr. menegaskan, “Jika seseorang belum menemukan sesuatu yang untuknya ia mau mati, ia tidak layak untuk hidup.” Saat anda menemukan tujuan hidup Anda, Anda menemukan motivasi. Dan saat Anda menemukan motivasi, Anda bisa mencapai keunggulan.

 

  1. Motivasi adalah kunci menuju keberhasilan

Sobat. Saya membaca tentang dua ratus eksekutif yang ditanya tentang apa yang menjadikan orang berhasil. Kualitas nomor satu yang mereka sebutkan bukanlah skill melainkan antusiasme, dan sebagian besar dari mereka mengakui bahwa perlu ada suatu api motivasi dalam diri manusia untuk mencapai keberhasilan. Kita dapat melihat bagaimana para pebisnis yang sukses menjalankan usahanya, biasanya motivasi adalah salah satu faktor dibalik keberhasilan mereka.

 

Apa saja tip-tip penting memotivasi diri ?

 

  1. Miliki tujuan yang jelas, karena itu sumber motivasi. Semakin jelas tujuan Anda semakin semangat dan mudah untuk mencapainya dengan kekuatan focus dalam meraihi goal. Orang yang tidak memiliki tujuan hidup dan goal yang jelas maka pasti dia tidak memiliki antusias dalam mengarungi kehidupan. Goal  itu harus jelas pencapaiannya, spesifik, terukur, memiliki kemungkinan besar untuk meraihnya, ada alasan kuat untuk memperjuangkannya, menyenangkan dan memicu hormone adrenalin, ada batas atau deadline waktu untuk mencapainya. Jika ada orang tidak memiliki tujuan dan goal yang jelas maka pasti memiliki motivasi yang rendah laksana orang main sepak bola namun tidak ada gawangnya.
  2. Tujuan seseorang hanya bisa dicapai jika ada motivasi yang kuat. Dorongan atau motivasi yang  paling kuat adalah dorongan yang didasarkan karena kesadaran akan hubungannya dengan Allah  dengan cara memberikan  prestasi atau karya apa pun yang menjadikan Allah Ridho dan  layak mencitai serta menolong kita, kedua orang tuanya bangga punya anak seperti mereka  dan bermanfaat  bagi sesama.
  3. Jadikan kegagalan sebagai sebuah pelajaran yang berharga.Sukses dan gagal bergantung seberapa besar motivasi dalam diri seseorang.
  4. Jangan mencari alasan pembenar untuk kegagalan anda. Tetap kuat dalam mengejar impian itu penting sebagai motivasi diri. Tidak memiliki motivasi menyebabkan seseorang gagal dalam hal apa pun.

 

Bersyukurlah ketika kamu bertemu dengan masalah karena Tuhan percaya kamu adalah sosok yang kuat dan tegar. “Bersahabatlah dengan masalah karena masalah yang membuatmu tumbuh dalam kebijaksanaan

 

Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

www.educoach.id

( DR Nasrul Syarif M.Si. CEO Educoach. Penulis Buku-buku Motivasi diterbitkan erlangga group. Dosen Pascaserjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur)


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.